Hari Ini Hujan Meteor Perseid


hujan meteor perseid

hujan meteor perseid

Hujan meteor tahunan Perseid diharapkan akan jatuh pada pekan ini dan menjadi pertunjukkan alam yag menakjubkan di atas langit. Namun memang perlu kesabaran ekstra untuk menunggu dari malam hingga pagi hari, apalagi bila ingin mengabadikan melalui pemotretan atau video.

Di Amerika Utara, waktu terbaik untuk menonton diperkirakan akan terjadi tengah malam nanti hingga pukul 05.00 pagi. Pertunjukkan alam ini tentu saja akan bisa disaksikan apabila cuaca juga mendukung, tanpa ada awan yang menutupi atau mendung.

Perseids selalu dapat menunjukkan pemandangan indah di langit, bahkan kadang-kadang spektakuler. Sayangnya dalam pekan ini, Perseids mencapai puncak pada Selasa dan Rabu malam, sementara bulan akan berada pada posisi tertinggi di langit.

Meski demikian, para pengamat langit di seluruh dunia akan memiliki kesempatan yang baik dari tempat yang lebih cerah untuk melihat hujan meteor ini. Beberapa belahan bumi sudah menikmati pertunjukkan itu.

Perseids sendiri adalah potongan dari puing-puing Comet Swift-Tuttle, yang jatuh tersebar di lokasi yang berbeda-beda, yang telah berlangsung selama berabad-abad dalam orbit matahari. Setiap Agustus, Bumi melewati aliran puing-puing ini, yang menyebar dari waktu ke waktu.

“Mereka (puing-puing) ini biasanya bergerak cepat, cerah dan kadang-kadang meninggalkan jejak garis-garis panjang,” kata Joe Rao, kolumnis di SPACE.com ‘s. “Dan sekali-sekali, Perseids juga terlihat seperti bola api yang cukup cerah dan sangat spektakuler. Akan mampu menarik perhatian bahkan lebih terang dari cahaya bulan.”

Dilaporkan bahwa bumi mulai memasuki jalur sungai Perseids pada akhir Juli. Meteor-meteor ini tidak lebih besar dari butiran kacang. Mereka akan menguap karena memasuki atmosfer bumi, sehingga membuat cahaya cerah di langit.

Seperti kebanyakan hujan meteor, jam antara tengah malam dan dini hari biasanya waktu terbaik untuk menonton. Para Astronom mengharapkan hujan meteor ini mencapai 200 meteors per jam hingga 15 menit atau lebih.

Tips Melihat dan Mengabadikan Hujan Meteor

Lokasi terbaik jauh dari kota dan lampu gedung-gedung. Idealnya, menemukan struktur, seperti gunung atau pohon. Meteors dapat muncul di manapun, di atas kepala kita. Membawa tikar dan berbaring mungkin akan bisa mengurangi rasa pegal mendongak ke atas. Dan pandangan ke langit bisa lebih luas. Selimut atau jaket tebal jangan lupa untuk mengusir hawa dingin. Kursi santai bukan ide buruk untuk diangkut pula.

Jangan lupa kamera, baik untuk pemotretan atau video, sangat dianjurkan untuk menggunakan tripod. Selain bisa meredam getaran dan goyang, tangan juga tidak pegal mengarahkan kamera terus menerus ke atas. Sebelum mengarahkan cek terlebih dulu kepekaan cahaya atau sering disebut ISO atau ASA. Bisa menggunakan asa rendah untuk mendapatkan efek gerak atau asa tinggi untuk mendapat hasil yang maksmal, asa rendah antara 100-500 dan asa tinggi pada 800-3.200 (tergantung kondisi yang terjadi). Untuk kamera digital jangan ragu untuk mengubah-ubah asa untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk kamera video, jangan lupa mengatur white balance, agar mendapatkan warna sesuai atau mendekati kenyataan. Caranya dengan menaruh kertas putih di depan kamera dan direkam beberapa menit. Untuk kamera foto, bisa dilakukan white balance dengan beberapa kali menjepret ke kertas putih beberapa kali.

About nano|ezzy
SuKa MeNyeNdiRi, SuKa BeReKspLoRasi, SuKa aNeH-aNeH, SuKa iSeNg, SuKa BeRfaNtaSy, SuKa MaeN gaMe, SuKa MusIk,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: